Dengan berlakunya kurikulum merdeka, semua yang mendukung keberlangsungan pendidikan di SMK baik tenaga pendidik, peserta didik maupun instrumen yang mendukung pendidikan harus selalu bergerak dinamis menuju perubahan untuk mencapai hasil yang optimal.
Oleh karena itu peran aktif tenaga pendidik dalam improvisasi dan berkreasi sangatlah dibutuhkan. Buku sebagai sumber ilmu merupakan instrumen yang penting dalam mentrasformasi pelajaran kepada peserta didik. Penetapan buku sebagai pendamping siswa merupakan keputusan yang benar benar harus dipertimbangan karena keberadaannya juga harus bisa menepis image sebagian orang
bahwa akuntansi sulit. Instrumen buku harus memberikan kemudahan bagi peserta didik dalam mempelajarinya bahkan harus memberikan kesan menyenangkan, baik ketika diajar oleh pendidik maupun ketika belajar sendiri. Buku harus memberikan materi berjenjang dari bab yang mudah sampai bab yang selanjutnya. Buku harus bisa memberikan ilustrasi usaha yang mudah dijangkau peserta didik, logis, praktis dan sangat bisa dikenali dalam kehidupan sehari – hari. Kami optimis pembelajaran melalui buku ini mempermudah pendidik menanamkan pondasi akuntansi pada siswa sehingga mempermudah juga dalam mengajar akuntansi pada tingkat selanjutnya (akuntansi perusahaan dagang maupun manufaktur) sehingga harapan kita semua selepas peserta didik lulus, dengan kompetensi yang dimiliki akan mampu bersaing di dunia kerja maupun berusaha menjadi pelaku wiraswasta. Tak ada gading yang tak retak, begitu juga dengan buku ini yang masih jauh dari sempurna. Kami mohon masukan dari siapapun yang membacanya demi kesempurnaan buku ini. Semoga buku ini bermanfaat bagi siapapun terutama bagi pendidik dan peserta didik.